Selamat datang di Kiprah Nusantara News

Jalan di Seputar Pasar Induk Sidikalang Rusak Parah

Rabu, 08 April 20150 komentar

 
Sidikalang-(KN)
Kondisi infrastruktur jalan di seputar Pasar Induk Sidikalang, Kabupaten Dairi sangat memprihatinkan (rusak parah). Kerusakan terparah terdapat di jalan Trikora, jalan Pekan, sekolah serta jalan Dairi (gerbang pasi). jalan yang rusak tersebut merupakan akses menuju Pasar Induk Sidikalang. Pengamatan wartawan, Senin (18/3) seperti di Jalan Trikora misalnya, aspal pada badan jalan sudah terkelupas dan terdapat kubangan besar. Kondisi itu sangat menyulitkan para pemilik kios untuk mengeluarkan dan memasukkan barang dagangannya. Begitu juga para supir angkutan perkotaan yang masuk ke dalam pasar mengaku kewalahan bila mengantar penumpang.

Selain dikeluhkan pemilik kios dan supir angkot, kerusakan jalan perkotaan itu juga dikeluhkan warga setempat. Sebab jika kendaraan melintas dari badan jalan berlumpur tersebut kerap kali mengotori rumah mereka. Seperti diungkapkan salah satu warga Jalan Trikora mengaku marga Silalahi mengatakan, penyebab kerusakan jalan ini karena drainase di sekitar pajak tidak berfungsi karena banyaknya sampah pada selokan air.

"Sehingga air dari atas (jalan sekolah) masuk semua ke jalan ini. Upaya pembersihan parit khususnya di Jalan Trikora ini sudah dilakukan warga, namun karena banyaknya sampah yang datang dari atas tidak sebanding dengan upaya yang dilakukan warga. Warga disekitar pajak mengharapkan kepada instansi terkait supaya segera memperbaiki jalan yang rusak tersebut begitu juga pengerokan (pembersihan) saluran air itu supaya tidak tumpat," katanya.

Terpisah, Kepala Dinas Cipta Karya dan Tataruang, melalui Kepala Bidang Pengelolaan Lingkungan Perkotaan (PLP), Jhon Nikolas Silalahi ST, dikonfirmasi mengatakan, perbaikan jalan perkotaan itu sebenarnya sudah dianggarkan dalam APBD Dairi tahun 2013 ini, dan jumlahnya juga lumayan besar. Tetapi, hingga saat ini belum ada kepastian kapan APBD itu disahkan menjadi Perda.

"Sehingga belum bisa dipastikan kapan dimulai pekerjaan (diperbaiki). Kami masih menunggu pengesahan APBD tersebut mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa terlaksana, sehingga keluhan warga itu dapat diakomodir," kata John Nikolas
Share this article :

Posting Komentar